pos giv


Tuk sahabat FB bagi yang jualan Online maupun ofline, yuk kita berpromosi yang wajar, jangan terlalu muluk menjanjikan khasiat dari bisnis yang kita jalankan, terutama kosmetik , obat-obatan juga vitamin , kebetulan saya juga melakukan jualan Online berupa kosmetik, baju & obat serta vitamin, banyak konsumen ofline yang mengeluh kepada saya karena seolah menjadi korban dari promosi muluk , yang bahkan diiringi dengan testimoni dari penjual.

Sobat FB,anda tidak mau kan di katakan pembohong akibat produk yang kita jual tidak sesuai dengan keinginan konsumen kita, padahal , sebenarnya kita tidak membohongi mereka,hanya saja konsumen ,terutama saya contohkan pemakai kosmetik mereka tidak tahu jenis kulitnya, lembab atau kering, lebih parah lagi mereka memakainya pada siang hari di bawah terik matahari , di mana  kosmetik yang dioleskan akan memuai bahkan luntur terbawa dan terdorong oleh keringat dari pori-porinya akibatnya kosmetik semahal dan sebagus apapun tak akan ada khasiat maupun manfaatnya, padahal ada cara lain untuk melindungi baik kulit maupun wajah, dengan masker Cream dari sinar matahari atau ultra violet. Adapun kosmetik yang berfungsi sebagai obat hanya cocok dipakai malam hari saat istirahat agar meresap ke pori-pori, pendek kata mereka tidak mengikuti prosedur pemakaiannya.

Karena di jualan Online saya yang laku kosmetik, maka setiap kali ada yang order saya selalu tanya beberapa hal, kosmetik apa yang pernah dipakai, apa jenis kulitnya , dan sedikit tips yang berkaitan dengan kosmetik yang akan di order, beruntung dulunya saya sering mengikuti kursus kecantikan, jadi ada modal untuk sedikit presentasi.

Saya juga tidak menjanjikan yang muluk-muluk, karena kosmetik sama dengan obat, bukan mahal atau murahnya yang membuat berkhasiat tapi cocok atau tidaknya pada kulit kita, kulit orang-orang asia Dengan promosi yang jujur dan proporsional dengan kemampuan kita , insya Allah hati kita akan tenang dan siap untuk senantiasa di komplain konsumen,  karena kita telah menyampaikan segala minus plusnya produk jualan kita.

Dan Alhamdulillah bisnis kecil-kecilan ini baik yang Online maupun  ofline sampai saat ini masih dapat eksis berjalan disela-sela  ketatnya persaingan meski tidak se’ Wah !.rekan rekan di dunia maya.. hi hi hi.

Dan satu lagi, harga yang proporsional , atau tidak terlalu mahal, istilahnya “tidak ngapokin, karena konsumen sekarang  sudah banyak yang pintar, saat mereka membutuhkan barang, mereka akan melakukan pengecekan harga ke berbagai situs secara Online, lalu membandingkannya, setelahnya dapat ditebak, mereka akan mencari yang paling murah, dan untuk hal ini saya menyiasatinya dengan bekerja sama kepada toko obat dan apotek langganan untuk mendapatkan informasi baik harga maupun  kualitas barang, karena ada satu aitem barang yang sampai ada tiga kw (kualitas) itulah yang membuat harga variatif dan itu menjadi modal untuk dijelaskan kepada konsumen , salah satu contoh adalah sabun pepaya, sabun pepaya ada yang aspal, lokal dan impor yang kalau dilihat dari kemasannya nyaris sama persis, dan akan diketahui pertama dari hologram yang sangat kecil dan yang asli dari baunya yang berbeda, dan untuk ini perlu pengalaman khusus karena produk yang satu ini punya bahan dasar sebagai bahan baku yang berbeda.

Sekian saja, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila catatan ini membuat hati pembaca merasa tidak nyaman.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini