pos giv

Hukum memanjakan anak dalam islam

Diposting oleh Unknown | 22.50 | | 0 komentar »





Penting bagi orangtua akan halnya mengasuh atau lebih dikenal dengan memanjakan anak. Namun, sebelum melakukan hal tersebut alangkah baiknya kita (orangtua) dapat mengetahui hak-hak anak (kita) dalam Islam. Sehingga nantinya kita dapat memperlakukan mereka dengan baik dalam hal memanjakannya.

# Diberi Nama yang Baik.
Ada orang yang memiliki nama yang bagus mengandung makna yang dalam, dan mengenakan sehingga orang-orang tertarik kepada pemiliknya seperti lebah tertarik kepada wangi bunga.

Ada pula orang yang namanya yang jelek, tidak bermakna, serta menyesakkan dan menjijikan orang yang mendengarnya. Jadi, nama seseorang memiliki pengaruh psikologis dan sosiologis yang sangat besar.

Karena nama bukanlah sekedar lafal yang ditulis dengan tinta di atas akta kelahiran, melainkan adalah hak alami bagi bayi yang baru lahir dalam menentukan identitasnya.

# Diajari dan Dididik
Tidak diragukan lahi, tahun-tahun pertama dari umur seorang anak adalah fase terpenting dalam hidupnya. Dengan dasar ini para ahli pendidikan menegaskan urgensi perhatian yang lebih terhadap anak-anak dan pendidikan budi pekerti yang baik baginya.

Serta tidak lupa juga menanamkan pendidikan agama sejak dini seperti, shalat ( memberi mukena anak, memberikan pakaian yang cocok bagi anak lelaki Anda dalam beribadahnya ) dan mengaji ataupun caranya berpakaian yang baik sehingga mereja mengerti akan pentingnya akidah islam sejak dini.

Selain pentingnya mengajarkan anak-anak ilmu-ilmu agama seperti al-qur’an dan fiqih, sunnah Nabi saw. menekankan juga urgensi mengajarkan ketrampilan praktis, seperti menulis, renang dan memanah.

# Diperlakukan dengan Adil
Membeda-bedakan anak, terutama antara anak perempuan dengan laki-laki, tak ubahnya menabur benih-benih perselisihan antara saudara, menggali jurang yang dalam, di jalur relasi persaudaraan di antara mereka.

Karena itu, komitmen pada keadilan dan persamaan antara anak tak ubahnya penangkal petir, karena hal ini mencegah terjadinya celah sekecil apa pun dalam relasi anggota keluarga. Jika tidak, maka akan mendorong munculnya perasaan cemburu dan dendam di antara mereka.

Tapi, benar juga bahwa orangtua harus menerapkan prinsip keadilan dan persamaan dalam perlakuan mereka terhadap anak-anak, bukan saja dalam masalah maknawiyah seperti kasih saying dan ciuman, tetapi juga dalam masalah material seperti, pemberian berupa sebuah hadiah yang sama. Mungkin dalam pakaian anak jika anak Anda masih kecil, atau pakaian remaja jika anak Anda telah beranjak remaja menuju dewasa. Sehingga anak Anda akan tetap mengingat Anda di mana pun ia berada.



Sudahkan Anda membaca hak anak di atas ?

Lalu, sudahkan Anda memanjakan anak Anda dengan baik dan benar ?

Yuk, jangan ragu dalam mempertimbangkannya. Karena kita sebagai orangtua akan bahagia jika melihat buah hati kita bahagia.

Dan wajib memanjakan anak kita dengan aturan Islam di atas.



Semoga bermanfaat

Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini