pos giv

UJIAN ATAUKAH TEGURAN

Diposting oleh Unknown | 17.41 | | 0 komentar »
Ada beberapa hal yang menjadi perhatian (bagi saya) dalam ayat tsb.

Pertama : pertanyaan retoris

Kedua : manusia

Ketiga :dibiarkan mengatakan

ke empat : Kami telah beriman

Tentu semuanya satu paket yang tidak bisa terpisahkan

Allah bertanya , di mana jawabannya tertuang pada ayat selanjutnya, yakni “sungguh kami telah menguji ...s/d selesai... di mana ujian sebagai wujud proses untuk mengetahui keaslian dan ketangguhan sesuatu .

Allah menyebut kata “manusia ,yang sebagian fitrahnya , bersikap tergesa-gesa , di mana endingnya  tidak bisa menempatkan dirinya pada posisi yang sebenarnya.

Allah membiarkan manusia menjalani proses kesadaran dirinya , namun kebanyakan manusia tak bisa meninggalkan sikap buru-burunya.

Kemudian lahir sebuah pernyataan yang prematur”kami telah beriman, padahal keimanan adalah tangga kedua setelah Keislaman seperti tersurat dalam surat 49 ayat 14.

Sikap tergesa-gesa , tidak mampunya manusia menempatkan posisi, di mana kepasrahan sebagai ciri seorang Muslim dan ketundukan sebagai ciri seorang Mukmin belum, atau tidak linear (berbanding ) dengan prilakunya sehari-hari.

Shalatnya.. apakah dijaga dengan baik.

Akhlaknya sebagai Muslim dan Mukmin apakah telah terlaksana

Bagi akhwat, apakah telah sesuai dengan keinginan Allah (menutup aurat)

Ringkasnya, apakah telah menjadikan syareat atau aturan Allah sebagai pedoman hidupnya.

Lalu ketika suatu musibah menimpa, mengatakan ”ini ujian dari Allah, menurut saya ini ungkapan menghibur diri, karena ujian hanyalah Allah berikan untuk menguji kemurnian keimanan seorang hamba-Nya.

Padahal meskipun posisi kita memang benar benar layak sebagai mukmin keinginan  Allah, akan lebih bijak ketika ujian datang, mengatakan “ini teguran dari Allah, hal ini akan menjadi media introspeksi untuk terus memperbaiki posisi keimanan kita di hadapan Allah.

Karena apa pun yang Allah timpakan kepada kita , adalah yang terbaik dengan berbagai hikmah di kemudian hari.


Wallahu a’lam.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini