pos giv

Diposting oleh Unknown | 19.01 | | 0 komentar »

“Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya
melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas
yang selalu hadir.” (QS Qaaf [50] : 18)

“Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi.”
(Al-Fajr [89] : 14)
LANGKAH MUDAH MENJAGA LISAN

1.Berfikirlah sebelum berbicara
Karena begitu banyak aktivitas yg bisa di timbulkan oleh lidah, hendaknya tidak ada salahnya jika kita berfikir lebih dahulu, setiap kata yg akan terucap dari lisan kita. Janganlah kita asal bicara. Lebih berhati-hatilah jika berbicara.

2.Jadilah pendengar yang baik
Seseorang yg banyak berbicara, maka sudah pasti kemungkinan salah akan semakin banyak juga, yg terbaik itu tidak saja menjadi pembicara yg baik, tapi juga harus menjadi pendengar yg baik pula, karna itu akan sangat membantu buat kita tuk selalu menjaga lisan kita.

3.Letakkan mulutmu dihati mu
Maksudnya adalah sering kali kita tidak bisa menahan keinginan untuk berbicara atau berkomentar tentang sesuatu. Yang sebenarnya sich kebiasaan itu agak sedikit manfaatnya, bahkan banyak mudharatnya. Misalnya ketika kita melihat sesuatu, lansung deh buru-buru kita kasih komentar panjang lebar, padahal belum tentu komentar kita benar, nah mulai deh dari sekarang janji gak akan buru-buru komentar, berfikir dulu sebelum berbicara.

4.Jangan sampai kepleset lidah
Kalau yg kepleset itu kaki kita,paling banter kita yg akan jatuh dan merasakan sakitnya sendiri. Tapi jika sudah lidah kita yg terpleset (salah berbicara) fatal banget tuh akibatnya. Karna akibat kepleset lidah bisa membuat masuk neraka.

5.Pikirkanlah dan bayangkan
Seringkali kita tidak sadar jika kita sedang membicarakan keburukan seseorang kalau yg bersangkutan tahu sudah pasti akan sakit hatinya.coba deh kamu bayangkan jika itu terjadi pada diri kamu, keburukanmu dibicarakan oleh orang lain sudah pasti dong kita merasa tidak senang dan sakit hati.
“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari
akhir, hendaklah ia berbicara atau diam.”
(Hadits Abu Hurairah)
Hadits ini, telah disepakati keshahihannya,adalah sebuah dalil yang jelas bahwa seseorang tidak boleh berbicara, kecuali pembicaraannya baik, dan bahwa pembicaraan tersebut mengandung hal yang bermanfaat. Maka jika seseorang ragu-ragu apakah suatu pembicaraan mengandung manfaat atau tidak, maka janganlah
berbicara.

“Perumpamaan lidah seperti
binatang buas yang liar. Jika engkau tidak
mengurungnya, dia akan menyerangmu.”

Nah…yuk mulai deh dari sekarang kita siap menjaga lisan kita…kamu pasti gak mau juga kan Cuma gara2 lidah kita yg salah ucap bisa mengakibatkan fatal semuanya, dijauhin dari temen-temen, gak disukai orang apalagi yg lebih menakutkan jika sudah tdk disukai oleh Allah…..Hiiii…..jangan sampe deeeh….!!
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini