pos giv

Ikut nabi.

Diposting oleh Unknown | 00.38 | | 0 komentar »

Masih ingat cerita guru ngaji tentang Surga, beliau bercerita bahwa selain manusia dan Jin yang patuh kepada Allah, ternyata  di Surga juga ada makhluk selain mereka siapa ? mereka tentunya makhluk Allah juga, yaitu Anjing dan Onta, pertanyaannya anjing dan onta siapa ? guru ngajiku menceritakan anjing adalah milik Ashabul Kahfi, yaitu beberapa pemuda penghuni goa yang ditidurkan oleh Allah selama ratusan tahun (ada yang mengatakan 360 tahun), setelah mereka lelah lantaran dikejar penguasa dzalim yang menjadi menyembah berhala pada masa itu, dan ke mana mereka pergi mereka selalu diikuti oleh seekor anjing, adapun onta adalah hewan kesayangan nabi Allah Saleh.

Saat ini Maulid nabi telah tiba dan banyak orang memperingatinya sebagai bentuk  rasa cinta kepada yang mulia nabi Muhammad SAW, namun bila ditanya, adakah barometernya yang menjadi ukuran seseorang sudah disebut cinta kepada Rasulullah, paling tidak ada ukuran standarisasinya.

Bila ingat cerita ustadz di atas tentulah kita bisa membuat sebuah gambaran yang semisal, logikanya begini,yakni “ bila anjing saja bisa masuk surga lantaran setia pada tuannya yang taat kepada Allah, maka bagaimana dengan kita yang setia mengikuti Rasulullah, hanya saja sudah pantaskah kita disebut menjadi pengikut setia Rasulullah ? padahal tiada tahun terlewat tanpa pelaksanaan Maulid, selalu dan selalu kita di ingatkan, karena memang sifat kita yang pelupa, mungkin lantaran ingat nabi tak mengandung nilai bisnis, ingat nabi tak kan menambah inkam pendapatan, ingat nabi, takan bisa menjadi kaya, naudzu billah.., bersyukurlah masih ada yang mau mengingatkan bahwa kita punya nabi pilihan Allah, yang berjanji akan memberikan syafaat kepada umatnya atas idzin Allah.

Rasulullah bersabda.

لا يؤمن أحدكم حتى يكون هواه تبعا لما جئت به

Artinya “tidak dikatakan beriman salah seorang di antara kalian, sebelum hawa nafsunya tunduk terhadap yang aku bawa.

Pertanyaannya apa yang di bawa oleh baginda yang mulia ?

تركت فيكم أمرين فان تمسكتم بهما لن تضل ابدا ألآ وهي القرآن والسنة

Artinya “aku tinggalkan pada kalian dua perkara, selama kalian berpegang teguh kepada keduanya, kalian tidak akan sesat selama-lamanya, ketahuilah hal itu ialah ‘ al-Qur,an dan Sunnah.

Sahabat sekalian !.. Iman dan cinta rasul ternyata memang tidak bisa dipisahkan, karena percaya kepadanya merupakan bagian dari keimanan, dan Imam akan dapat terwujud dengan baik dalam bentuk perbuatan manakala ada Ilmu sebagai teorinya dan tentulah dapat terlaksana seiring manakala kita dapat mengendalikan hawa nafsu ke arah yang Allah dan Rasulnya Ridha, yakni beramal dengan ilmu berniat dengan hati ikhlas.

Yang Mulia baginda nabi tidak mewariskan gunung emas dan hamparan berlian , namun beliau mewariskan sesuatu yang lebih dari itu, bisa berharga bagi yang mau mengikutinya, namun sebaliknya tak ada nilainya sama sekali bagi yang mengabaikannya.

Dengan Maulid yuk !.. kita muhasabah dari lubuk hati yang paling dalam, sudahkan kita mencintai Rasulullah dengan baik dan benar sesuai dengan kehendak beliau , mencintai beliau tentulah tidak bisa sekehendak hati kita, beliau punya aturan, ketahui hal itu !.. agar usaha kita yang kita anggap maksimal mencintai beliau mempunyai nilai plus di sisinya.
amin. amin ya Rabbal alamin...


Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini