pos giv

Kewajiban shalat bagi seorang Muslim merupakan hukum yang tdk terbantahkan .
“Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.(QS 4;103)
 lalu kapan seorang muslim mulai mendapat kewajiban shalat ?
dalam hukum syara’ kita mengenal yang namanya “Mukallaf, yakni orang yang  sudah terkena kewajiban menjalankan ajaran agama, pertanyaan selanjutnya kapan waktunya ?
 ketika sudah Baligh itulah jawaban yang umum kita dengar, Baligh ditandai dengan datangnya haid bagi wanita dan bermimpi bersetubuh hingga keluar air mani bagi lelaki, lalu usia berapakah umumnya balig itu ?
Masa baligh selain ditentukan oleh usia juga ditentukan oleh faktor atau keadaan lingkungan sekitar, boleh jadi seorang anak menjadi lebih cepat matang libidonya, berbicara libido di sini karena datangnya haid akibat  gugurnya indung telur yang tidak dibuahi adapun bagi lelaki derasnya arus informasi melalui dunia maya berbarengan dengan apa yang ia lihat dan ia dengar , salah satu contoh mudahnya mengakses situs porno lebih mempercepat seorang anak menjadi dewasa meskipun belum waktunya, tapi secara umum usia baligh antara 10 s/d 12 tahun.
“Hai anakku, dirikanlah shalat (QS 31;17)
Ayat di atas merupakan nasihat Lukman kepada anaknya, dalam bahasa arab kalimat “BUNAYYA, adalah isim Tasghir, maknanya kecil, yang saya maksud, Lukman di sini berbicara dengan anaknya yang masih kecil, karena dari sejak usia dinilah seorang anak harus mulai dibiasakan akrab dengan hal hal yang akan menjadi kewajibannya kelak manakala ia sudah dewasa seperti shalat, hal ini agar anak tersebut tidak lagi merasa terbebani karena perbuatan tersebut sudah menjadi kebiasaannya.
Tidak kalah penting dari itu bagaimana kedua orang tua dapat secara maksimal memberikan suri tauladan bagi anaknya, bahkan kedua orang tua harus mampu membangun kebanggaan bagi si anak terhadap orang tua sebagai figur yang bisa dicontoh, yakni bukan hanya memberi perintah namun juga menjadi pelaksana utama.
“Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. (QS 61;3)
Mendidik anak dalam usia dini untuk shalat juga dianjurkan oleh Rasulullah
“didiklah anakmu shalat pada umur 7 tahun dan pukullah manakala umur 10 tahun belum shalat (al-hadits)
Perintah pukul bekan berarti menyakiti karena pukul bisa bermakna pukulan yang sifatnya edukatif atau memberi pelajaran, atau boleh juga berupa pukulan fisik kalau memang dengan hal itu seorang anak baru mau melaksanakan shalat, lalu setelah itu tentunya tidak berhenti sekedar menerapkan kewajiban shalat, melainkan di paparkan hikmah dan keutamaan shalat hingga seorang anak menjadi senang bahkan cinta terhadap shalat.
Shalat adalah amal yang dengannya amal kita akan diperhitungkan kelak baik ataupun buruknya, sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah
“Amal yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalat, bila baik shalatnya maka baik pulalah seluruh amalnya, dan bila rusak shalatnya maka rusak pulalah seluruh amalnya (al-Hadits)
Shalat yang baik bukan hanya dilihat dari teknis maupun waktu ditunaikannya , namun juga dapat terlihat dari prilaku dan bicara pelaksananya, karena shalat mempunyai pengaruh terhadap dua hal tersebut.
“dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS 29;45).
Wallau a’lam bissawab.




Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

1 komentar

  1. lita // 14 April 2012 pukul 20.50  

    Like this yooo...◦°◦ђёђёђё◦°◦ (ʃƪ´⌣`) (´⌣`ʃƪ)

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini