pos giv

Taqdir Adam AS

Diposting oleh Unknown | 16.45 | | 0 komentar »


Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."(QS 2;30)

Saat membaca terjemah ayat di atas apa yang terpikir dalam benak anda ?..
Menurut saya yang awam, ada empat hal menjadi pokok perhatian saya.
  1.  Menjadikanya di bumi
  2.  Menjadikan khalifah
  3.   pertanyaan malaikat
  4.  Pernyataan Allah.


Pertama :Sebagaimana kita ketahui Allah menciptakan Adam di suatu tempat yang sangat Indah,sebagian ulama mengatakan ‘di Surga. Lalu karena godaan Iblis maka keduanya di usir dari surga, kronologis kejadiaanya merupakan takdir Allah yang tidak bisa di hindari karena pada awal penciptaannya Allah sudah menyebutkan kata “DI BUMI (fil ard) dan perjalanan kisahnya dengan Iblis merupakan Ibrah yang tiada ternilai bagi manusia, baik mengenai kemuliaan manusia maupun sifat iri hati Iblis terhadap penciptaan dan eksistensi manusia tetap berlanjut, yakni tidak hanya menghendaki manusia atau Adam di usir dari Surga bersama sama, namun target besar yang di proyekkannya adalah menjadikan manusia teman dari dunia sampai di yaumil akhir di neraka.

Kedua : Khalifah maknanya adalah wakil, manusia adalah wakil Allah di muka bumi oleh karena itulah sebelum diturunkan, manusia (Adam) di singgahkan lebih dahulu di Surga sebagi Training agar dapat menjalankan tugasnya, yakni, bagaimana mengkondisikan suasana surga di bumi dengan segala keterbatasannya, kalau Utadz saya mengatakan “menciptakan bayang bayang surga di bumi. Bukan hanya suasana Surga yang Allah perlihatkan kepada Adam namun juga Allah mengajarkan sifat sifat semua benda sebagaimana Firman Allah pada ayat berikutnya

31. Dan Dia mengajarkan kepada Adam Nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada Para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar orang-orang yang benar!"

Salah seorang tim ahli fisika di jajaran Majelis ulama Indonesia (MUI) bang Imad menyebutkan kalimat “ASMA maknanya bukan nama, namun Sifat sebagaimana kita mengenal istilah “Asmaul husnah, artinya sifat sifat Allah. Karena dengan mengetahui sifat setiap benda kita akan mengetahui manfaatnya.

Ketiga : pertanyaan malaikat, bukan protes malaikat, karena malaikat tidak di anugerahkan hawa nafsu, ini ditandai dengan “hamzah istifham , yang maknanya meminta penjelasan ada dua pendapat ulama dalam ini.

Pertama, mereka mengatakan , pada saat Allah berfirman tentang hal tersebut maka tergambar visualisasinya tentang manusia dari awal penciptaan hingga akhir zaman.

Kedua , Allah menjelaskan kepada malaikat tentang sifat dan karakter manusia

Dari situlah malaikat mohon penjelasan atau klarifikasi dari Allah sementara mereka sudah merasa cukup dengan memuji dan memahasucikan Allah.

Ke empat : pernyataan Allah, dapat kita ketahui sekarang , andai saja manusia tidak di anugerahi sifat yang di pertanyakan malaikat, yakni al-hawa atau kecenderungan, maka mustahil kita menyaksikan kemajuan di berbagai bidang, bukankah itu hasil dari hawa nafsu manusia  yang di padu dengan akal ? sifat manusia yang tak pernah puas, membuat yang cerdas selalu mencari dan mencari agar semua kebutuhan manusia dapat terfasilitasi dengan mudah, murah dan cepat.

Hal lainnya Allah janjikan pahala yang berlipat ganda bagi manusia yang bermal shaleh terutama pada waktu tertentu, contohnya seperti malam kemuliyaan (Lailatul qadar) di mana para malaikat turun untuk menyaksikan ketaatan manusia kepada Allah, di akhir akhir bulan Ramadhan.

Lalu bagaimana menurut anda, silahkan berbagi ilmu dan menambah atau menyempurnakan pendapat saya atau mengeritik yang di rasa janggal .





Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini