pos giv

Adab makan 2

Diposting oleh Unknown | 16.02 | | 0 komentar »
sebelumnya sudah baca belum postingan yang pertama tentang adab makan, kalau belum klik disini
Yuk !...anjut lagi memahami ajaran Islam tentang adab makan


Kini kita pelajari adab sebelum makan

Pertama : pastikan makanan dan minuman yang kita konsumsi harus jelas kehalalannya, baik halal zatnya maupun cara mendapatkannya., hindari hal terkecil yang membuat makanan kita tidak halal seperti air dari PAM yang sengaja tidak kita bayar tagihannya, jangan menganggap enteng hal itu, kita mandi berwudhu mencuci tangan dari air yang kita dapat secara dzalim. Di sinilah kadang kita khilaf, kita merasa cukup kalau sudah waspada kepada makanan haram dalam hal zatnya, di samping itu juga baik untuk kesehatan kita, jangan sampai kita makan makanan yang tidak steril bahkan membawa najis, hindari juga makanan yang makruh apalagi mendekati haram seperti makanan dari daging hewan yang bertaring dan berkuku panjang, atau hewan pemangsa,. Karena konon katanya sifat hewan itu akan menurun kepada pemakannya, karena itulah Allah berfirman.

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah. (QS 2;172)

Ke dua : niatkan makan dan minum kita untuk menjaga kesehatan badan agar dapat beribadah kepada Allah, agar dengan itu kita di balas dengan balasan pahala. Ingat !. sehat itu mahal maka jaga makanan kita seperti yang Allah firmankan

maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. (QS 80 ;24)

Rasulullah sangat menyenangi seorang Mukmin yang sehat lagi kuat, tentunya menjaga makanan baik porsi maupun jenisnya memberikan sumbangsih yang besar terhadap kesehatan kita, karena dengan sehat seorang hamba dapat maksimal dalam menjalankan kewajibannya, baik sebagai serang hamba maupun sebagai makhluk sosial.

Ke tiga : mencuci tangan, cucilah tangan kita karena tangan kita walaupun secara kasap mata nampak bersih tapi ternyata di situ menempel banyak kuman penyakit, karena tanganlah yang paling banyak aktivitasnya dalam hal menyentuh sesuatu benda,. Bahkan bukan hanya kuman boleh jadi pada tangan kita juga mengandung racun dari senyawa kimia yang secara tidak sadar menempel di tangan kita karena kita memegang sesuatu benda,..

Nah !.. mulai faham kan.. eeett... tapi ini masih ada kelanjutannya... tip ini merupakan taklim mingguan suamiku untuk para santri TPA dan TQA bahkan remaja dengan mengambil materi dari Kitab MINHAJUL MUSLIMIN yg di susun oleh Abu Bakar Jabir al-Jazair.







Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini