pos giv

Adab makan bagian 3

Diposting oleh Unknown | 17.26 | | 0 komentar »
Lanjut lagi yuk ! memahami ajaran agama kita tercinta yang subnallah !.. bukan main lengkapnya ,dalam hal adab dalam makan.


Makan menjadi kegiatan kita sehari-hari tentunya tak luput pula dari aturan-Nya sebagai wujud kasih sayang-Nya kepada ciptaan-Nya.

Pada bagian pertama klik di sini ke dua klik di sini.

Sekarang adab yang

ke empat , ialah meletakkan makanan di atas lantai yang dialasi dengan tikar, karena hal itu lebih mendekatkan kepada sikap tawaddhu atau rendah hati, sebagaimana sabda baginda yang mulia” dari Anas RA berkata ,( Rasulullah tidak makan di atas meja HR Bukhari)

yang kelima : duduk bersila atau duduk dengan melipat kaki sebagaimana duduknya orang yang shalat, juga tidak makan sambil bersandaran kepada sesuatu . dalam sebuah hadits di jelaskan “ Rasulullah tidak makan sambil bersandar melainkan makan sebagaimana makannya seorang hamba HR. Bukhari

yang ke enam : selalu ridha dengan makanan yang disediakan, yang mulia tidak pernah mencela makanan, yakni bila ia senang ia makan namun bila ia tidak suka ia tinggalkan , sebagaimana hadits dari Abu Hurairah RA. :”Rasulullah tidak pernah mencela makanan, bila ia suka ia makan, namun bila tidak maka ia tinggalkan.

Yang tujuh : makan berjamaah atau bersama-sama, baik dengan tamu keluarga dirumah, anak maupun dengan pembantu,sebagaimana yang di contohkan oleh Rasulullah SAW. Dan beliau sabdakan dalam haditsnya.

“Makanlah kalian secara bersama-sama, maka kalian akan diberkahi didalamnya. HR Abu Daud dan Tirmidzi..

makan bersama yang dicontohkan beliau ternyata memang menumbuhkan sifat pengertian dan berbagi, serta mempererat tali kekeluargaan.

Sekian insya Allah bersambung.

Posting pertama

Posting kedua.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini