pos giv

copy data dengan nero

Diposting oleh Unknown | 03.29 | | 0 komentar »

Saat hardis kita penuh maka sok pasti kompi alan lelet meski ram (random akcesoris memory) sohib 2,3,4 bahkan 8 gb sekalipun, karena standar isi partisi pada hardis (tempat kita menyimpan data) sebaiknya tidak melebihi 80 % , maka saat itulah harus terpikir untuk menguranginya baik dengan mendelet (hapus) atau menyimpannya bila kita anggap data itu tramat penting.

Untuk menghapus pastilah sohib gak usah diajarin lagi kan ?, tinggal pilih data mana yg akan kita hapus klik kanan pilih delet ,… habislah , atau bila ingin semua data akan kita hapus pada partisi , klik kanan pada partisi yg akan didelet,. Pormat… pilih Qik format.. star.. oke.. tunggu beberapa saat,. Maka semua data akan tumpas.

Lalu gimana yah !.. kalau data tersebut akan kita simpan ajah, kali-kali aja lain kali dibutuhin.. COPY DATA !.. Itu solusinya boleh pake CD bila dikit, atau dvd bila banyak,. Kalau CD baik RW maupun R kemampuan simpannya sekitar 500 mega bit (MB) tapi kalau DVD hampir 4 gb. Oh yah !.. kelebihan DVDRW/CDRW dari CDR/DVDR ialah bisa menambah atau mengurangi data, kalau CDR/DVDR dia akan menjadi permanin meski isinya Cuma 5 kb, alias gak bisa dikutak-katik lagi.

Untuk sohib yg dah tahu caranya, s/disini aja yah bacanya !, tapi banyak juga ikhwan & akhwat yg lain yg belum tahu, buktinya kalau si Abi lagi benerin kompi atau leptop, baik milik rumahan maupun lembaga pendidikan, yg punya selalu Tanya , “gimana mas caranya mencopy data ke CD/DVD , kayanya datanya dah mau penuh ?

Nah caranya !..

1. Tentunya CD atau DVD room kita harus support untuk copy data atau copy CD, namanya CDRW atau DVDWR.

2. Instal aplikasi nero, terserah nero berapa..

3. Siapkan CD/DVD blank (kosong).

4. Masukkan CD/VDV blank , bila tampil clos saja.

5. Klik 2X nero , setelah muncul silahkan sohib pilih,. Gambar bintang atau kertas, ikuti arah panah pilihlah make data CD (bila ingin pake CD) atau make data DVD (kalu pak DVD) lalu klik. Tunggu beberapa saat maka akan muncul jendela berikutnya

6. Pilih Add (samping pojok kanan atas)

7. Pilihlah dimana fail yg akan di copy, di my dokumen atau di my computer, lalu pilihlah juga di partisi mana anda menyimpan data tsb.

8. Lalu pilihlah data apa saja yg akan sohib copy,. Dan setiap kali kita memilih setiap itu pula klik tulisan add dipojok bawah, seret jendela data, lihat jendela nero, di bawah ada garis garis yg berubah dari putih ke hijau, nah yg hijau itulah hasil pencarian fail tuk di copy, diujung garis ada batas maximal tergantung kalau CD sekirar 500 mb kalau DVD hamper 4 gb,. Pencarian kita jangan sampai melwati batas, bila lewat maka akan ditandai merah, bila terjadi melampui merah, lihat di hasil pencarian (pada jndela nero) pilih mana yg akan kita buang, caranya “ klik kanan –delet.

9. Bila selesai (ingat jangan melewati garis merah), clos jendela data

10. Selajutnya klik NEX biarkan copy data berjalan s/d 100 di tandai dgn pemberitahuan dari windows sukses full,. Maka CD/DVD akan keluar sendiri. Tunggu bebrapa saat jendela nero akan keluar, lalu klik NEX dan clos

11. Silahkan coba periksa isi CD/DVD anda bila berhasil data akan tersimpan di CD/DVD anda.

+han CD/DVD seiring berjalannya waktu dan cuaca akan mengalami kerusakan meski tdk di pakai, periksalah minimal 6 bulan sekali. Sekian semoga bermanfaat.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini