pos giv

Mencintai al-Qur,an

Diposting oleh Unknown | 19.31 | | 0 komentar »

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (QS 2;2)

Sungguh indah bahasa al-Qur,an, Allah memakai kata petunjuk jauh (dzalika) dengan makna dekat (hadha), makna yg sesungguhnya “itulah kitab, tidak ada keraguan di dalamnya, sebagai petunjuk bagi orang yg bertaqwa, ahli tafsir mengatakan kata tunjuk jauh dgn makna dekat adalah Ta’dzim (mengagungkan), hal ini Allah tegaskan dgn kalimat berikutnya yang menggunakan lafadz LAyg dikenal dalam tata bahasa arab sebagai Istigharul jinsi (peniadaan segala jenis) dalam hal ini segala jenis keraguan“tidak ada keraguan di dalamnya, karena memang fungsinya sebagai HUDHAN (petunjuk) yang memberikan inspirasi bagi yang mau membaca dan memahaminya.

Turunnya al-Qur,an merupakan bukti cinta Allah pada mahlukNya, karena dgn al-Qur,an manusia akan mampu mereparasi kerusakan pada hatinya yg menjadi pusat perintah pada seluruh grak geriknya (Hadits), jauh dari itu al-Qur,an adalah sumber hukum yg mampu menyelesaikan seluruh permasalahan manusia, dari masalah social, politik, economi bahkan lingkungan sekalipun,.(QS 6;38), namun sayang nikmat Allah yang berupa al-Qur,an banyak diabaikan oleh manusia., maka wajar Allah menutup ayat ini dengan dengan LAM yang bersifat Tahsis (penghususan) yaitu” untuk orang orang yang bertaqwa, maka dari itu marilah kita kembali kpd al-Qur,an..yang menjadi ruh bagi orang beriman..

Dan Demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah kami. sebelumnya kamu tidaklah mengetahui Apakah Al kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui Apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan Dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba kami. dan Sesungguhnya kamu benar- benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (QS 42;52).

Cobalah lihat dalam tex bahasa arabnya, Allah memakai kalimat “Ruhan, yang bermakna Ruh sebagai kalimat ganti dari al-Qur,an. (wallahu a’lam bissawab)
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda di bawah ini